Kisi-Kisi UTS Interaksi Manusia dengan Komputer

1. Pengertian IMK = adalah hubungan timbal balik antara manusia dengan komputer dimana manusia mendapat keuntungan
2. Pendukung piranti bantu IMK

3. Keuntungan IMK
4. Yang mendukung IMK
5. Istilah-istilah IMK
Interaksi : Ialah hubungan timbal balik
Interaksi manusia dan komputer : Ialah hubungan timbal balik antara manusia dengan komputer dimana manusia di untungkan
Contoh interaksi manusia dan komputer
- Dunia pendidikan : Murid-murid praktek komputer
- Dunia kesehatan : USG, Rongsen, Sinar X dsb
Bidang studi pendukung interaksi manusia dan komputer
- Tujuan utama disusunnya berbagai cara interaksi manusia dengan komputer pada dasarnya adalah untuk memudahkan manusia dalam mengoperasikan komputer dan mendapatkan berbagaia umpan balik yang ia perlukan selama bekerja dalam sebuah sistem komputer
- Teknik Elektronika dan ilmu komputer : kita dapat mempelajari banyak sekali aspek yang berhubungan dengan reangkat komputer, selain itu kita juga perlu membekali dengan keahlian dari sisi perangkat lunak, sehingga kita mampu mengimplementasikan hasil rancangan ke dalam program aplikasi
- Sosiologi : kita selalu agar program aplikasi yang kita susun dapat dimanfatkan orang lain. Pengguna itu sendiri mempunyai sifat yang beranekaragam. Sehingga kita sebagai para perancang sistem interaksi manusia komputer harus mempelajari aspek sosiologi dari para pengguna untuk dapat memahami bagaimana pengguna dapat menggunakan sikap dan kebiasaan baiknya, menggunakan persepsi dan pengolahan kognitif dan motorik yang dimiliki pengguna agar kita dapat menjodohkan mesin dan manusia agar dapat bekerja secara serasi
- Perancangan Grafis IFO Grafis : ada kata bijak yang menyatakan bahwa sebuah gambar dapat bermakna lebih atau sama dengan seribu kata dalam dunia komputer kata ini dapat diartikan bahwa gambar dapat di gunakan sebagai sarana dialog yang efektif antara manusia dan komputer. Keahlian ini jadi salah satu kunci penting dalam menunjang keberhasilan sistem manusia komputer karena antar muka yang di susun dapat menjadi luwes dan ampuh.
- Ergonomi : Orang yang turut bekerja di depan komputer biasanya makan waktu lama. Rgonomi berhubungan aspek fisik untuk mendapatkan lingkungan kerja yang nyaman . Contoh : bentuk fisik, kuris, meja dll
- Antropologi : Ilmu pengetahuan tentang manusia juga memegang peran penting dalam IMK antropologi dapat memberikan suatu pandangan yang dalam masing-masing anggotanya di harapkan dapat memberikan kontribusi dengan bidangnya masing-masing
- Linguistik : pada saat kita menggunakan komputer seolah-olah kita sedang melakukan dialok dengan komputer untuk itu diperlukan sarana komunikasi yang memadai yang berbentuk bahasa khusus seperti bahasa grafis, bahasa alam, bahasa manusia dan bahasa penrintah.
- Sosiologi : sosiologi berkaitan dengan pengaruh sistem IMK dalam struktur sosial
- Pengguna Piranti bantu : adalah segala perangkat keras/lunak yang mendukung jalannya komputer.
Kegunaan :
1) Interpres yang terjadi akan lebih baik dapat dibuat prototive sebelum di implementasikan (prototive : rancangan gambaran)
2) Perubahan yang diiginknan dapat segera dilakukan
3) Sebuah aplikasi dapat mempunyai lebih antar muka
4) Sejumlah aplikasi yang berbeda dapat mempunyai antar muka yang konsisten karena mereka dapat dibangun menggunakan piranti bantu yang lain
5) Memungkinkan sejumlah ahli bekerja sama untuk memberikan sebuah kontribusi sesuai dengan bidangnya masing-masing
6) Memberikan tampilan yang unik dari sebuah program aplikasi dan sentuhan khusus
7) Program antar muka menjadi mudah di tulis dan ekonomis untuk dipelihara
8) Kehandalan antar muka menjadi lebih tinggi karena program itu dibuat secara otomatis dari arah,. Spesifikasi yang lebih tinggi program aplikasi tersebut dibuat oleh para ahli spesivikasi antar muka menjadi mudah di nyatakan, divalidasi, dan dimodivikasi
Dalam IMK Program aplikasi terdiri atas 2 bagian penting
1) Antar muka yang berfungsi sebagai sarana dialog antara manusia dengan komputer
2) Bagian aplikasi yang merupakan bagian yang berfungsi untuk menghasilkan informasi berdasarkan olahan data yang sudah dimasukkan oleh pengguna lawat algoritma yang diyaratkan oleh aplikasi tersebut
Beberapa hal yang perkaitan dalam pengembangan antar muka :
- Pengetahuan tentang mekanisme fungsi manusia sebagai user
- Berbagai informasi yang berhubungan dengan karakteristik dialog (struktur, file, grafis, tanggapan waktu, kecepatan tampilan)
- Penggunaan prototive di dasarkan pada spesifikasi dialog formal yang disusun secara bersama-sama antara (calon) pengguna dan perancangan sistem serta peranti bantu yang mungkin dapat mempercepat proses pembuatan prototive
- Teknik evaluasi yang digunakan untuk mengevaluasi hasil proses prototive yang tekih dilakukan
 secara analisis : berdasarkan pada analisa transaksi dialog
 secara empiris : menggunakan caba pada sejumlah kasus